BAB I. INSTALASI SOFTWARE JARINGAN

i
t
h
g
i
f
d
n
a


Pada masa kini jaringan lokal atau LAN mulai berkembang. Saat ini teknologi internet bisa begitu cepat tersedia bagi banyak orang. Hal tersebut menunjukkan bahwa internet mulai berperan sebagai alat informasi dan komunikasi yang tidak dapat diabaikan.
A. PENGENALAN JARINGAN
1.   Jenis-jenis jaringan
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu:
a.  LAN (Local Area Network)
Adalah jaringan milik pribadi di dalam sebuah ruangan atau gedung yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. LAN pada awalnya beroperasi pada kecepatan mulai 10-100 Mbps dengan relay rendah dan mempunyai factor kesalahan yang kecil, sedangakan pada LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi.
Manfaat pengguna LAN adalah:
1)   Setiap pengguna dapat melakukan pertukaran sharing file
2)   Setiap pengguna dapat berbagi printer sharing
3)   Setiap pengguna dapat menyimpan data secara terpusat
4)   Setiap pengguna dapat saling berkomunikasi menggunakan komputer.
b.  MAN (Metropolitan Area Network)
Adalah suatu jaringan antarkota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, dsb.MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching yang berfungsi mengatur paket  melalui beberapa output kabel.
c.   WAN (Wide Area Network)
Adalah jaringan yang mencankup daerah geografis yang luas, dapat mencakup sebuah Negara atau benua. Cara menghubugnkan computer jarak jauh ini biasanya menggunakan modem dial up, sirkuit frame relay, sirkuit ATM,sirkuit ISDN, atau lease line 56 K.
d.  Internet
Adalah kumpulan jaringan atau jaringan dari jaringan komputer yang ada di seluruh dunia.
e.  Wireless / jaringan tanpa kabel
Wireless memungkinkan orang-orang berkomunikasi,mengakses aplikasi dan informasi tanpa menggunakan kabel. WLAN atau wireless LAN adalah sebuah system komunikasi datayang fleksibel dan diimplementasikan sebagai suatu perluasanatau sebagai alternatif untuk kabel LAN dalam bangunan atau kampus. WLAN menggunakan gelombang elektromagnetik, mengirim dan menerima data melalui uadara.
2.   KOMPONEN JARINGAN
Jaringan tersusundari beberapa elemen dasar yang meliputi:
a.    PC Server yaitu computer yang berfungsi sebagai penyedia service untuk client.
b.    PC Client yaitu computer yang memanfaatkan service pada server.
c.    NIC (Network Interface Card)
NIC atau kartu jaringan sebagai interface penghubung.  
d.    Kabel yaitu media transmisi Ethernet yang menghubungkan piranti-piranti jaringan komputer.
Ø  Jenis-jenis kabel LAN yang umum dipakai dalam jaringan:
-      Kabel coaxial
-      Kabel UTP
-      Fiber optic
3.   TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan adalah istilah yang digunakan untuk menguraikan cara bagaimana computer terhubung dalam suatu jaringan. Pada umumnya, jaringan menggunakan salah satu dari dua jenis topologi fisik. Adapun topologi fisik itu meliputi bus,switch/mesh/web,ring,star,daisy-chain/loop,dan tree/hierarchial.
a.    Topologi bus
Adalah satu bentuk tata letak jaringan yang menggunakan satu buah kabel dimana seluruh node jaringan disambugnkan. Topologi bus menyambungkan beberapa node. Setiap node melakukan tugasnya masing-masing.
b.    Topologi ring
Pada topologi ini semua computer saling berhubungan fisik membentuk lingkaran, yaitu seperti topologi kabel bus,  tetapi kabel-kabelnya saling disambung.data yang akan di kirim diberi alamat tujuan sehingga data sampai ke computer tujuan. Jika salah satu node rusak autau tidak berfungsi, maka tidak akan memengaruhikomunikasi node lainnya.
c.    Topologi star
Merupakan bentuk jaringan dengan beberapa node dihubungkan dengan node pusat yang membentuk jaringan seperti bintang. Semua komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node. Nedo pusat menyediakan jalur komunikasi khusus untuk dua node yang akan berkomunikasi.
d.    Topologi tree
Topologi tree membentuk sebuah pohon dengan cabangnya. Topologi ini terdiri atas central node (computer spesifikasi tinggi) dan node (computer spesifikasi rendah) yang saling berhubungan secara berjenjang.
e.    Topologi switch/web/mesh
Topologi switch memiliki nama lain yaitu topologi web,topologi mesh,topologi plex, atau topologi completely connected. Topologi ini merupakan bentuk jaringan dengan node lain melalui beberapa link.
f.     Topologi daisy-chain/loop
Topologi ini merupakan evolusi dari topologi bus dan topologi ring, yaitu setiap simpul terhubung langsung kedua simpul lain melalui kabel dan membentuk saluran,bukan lingkaran utuh.Pada topologi ini semua node berhubungan secara serial sehingga tidak mengenal central node dan host node karena semua memiliki status dan kedudukan yang sama,
4.   ARSITEKTUR JARINGAN
Terdapat tiga arsitektur jaringan yaitu:
a.    Jaringan client server
Arsitektur ini umumnya digunakan pada semua jaringan besar yang mengutamakan keamanan dan keandalan. Di dalam arsitektur ini terdapay sebuah server utama yang menyediakan tempat penyimpanan data,adminitrasi user dan semua yang diperlukan oleh PC Client.
b.    Jaringan server dan client pintar
Arsitektur ini dirancang untuk digunakan pada jaringan skala kecil maupun pribadi dan digunaka pada PC stand alone yang dihubungkan ke jaringan untuk prosespertukaran data.
Server merupakan satu atau beberapa PC yang dirancang untuk menyala terus menerusdan menyediakan tempat penyimpanan data tambahan seperti harddisk dan peripheral lainnya.
c.    Jaringanpeer to peer
Arsitektur ini di gunakan pada perusahaan berskala kecil dan juga untuk kebutuhan pribadi. Jaringan peer to peer merupakan suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan computer atau internet tanpa melalui sebuah server. PC yang berada dalam jaringan ini sebernanya sebagai client sekaligus server

0 komentar:

Posting Komentar