MEMBUAT JARINGAN LOKAL SEDERHANA

Sebuah jaringan mungkin akan dibutuhkan jika memilki lebih dari satu computer. Karakterristik LAN berbeda cukup jauh denhan WN yang biasanya WAN dibangun dengan modem telepon. Perbbedaan yang ada, antara lain sebagai berikut:
1.    Kecepatan LAN jauh lebih tinggi, rata-rata 100 Mbps,
2.    Wilayah yang dicakup LAN lebih kecil,
3.    LAN tidak membutuhkan sarana komunikasi dengan operator telekomunikasi, biasanya dapat dibangun oleh pengguna.
Sambungan kabek Ethernet yang digunakan mirip dengan kabel telepon, hanya saja kabel yang dibawa ada 8 buah. Jenis sambungan Ethernet ini dikenal dengan RJ-45. Proses pemasangan konektor RJ-45 ke kabel LAN dapat mengggunakan alat crimping.
1.   PERALATAN YANG DIBUTUHKAN
Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan computer sederhana dengan media kabel, antara lain sebagai berikut:
a.    Tang crimping,
b.    Kabel UTP, dengan panjang secukupnya
c.    Konektor RJ-45, minimal 4 buah,
d.    Hub atau lebih disarankan menggunakan switch, dengan jumlah port yang disesuaikan deengan jumlah computer (ada 5 port,8 port, dst)
e.    NIC pada tiap computer yang akan dijaringkan.
2.   INSTALASI NIC PADA KOMPUTER
Ethernet card atau sering jaga dikenal sebagai kartu jaringan, network adapter, LAN adapter, atau NIC adalah sebuah hardware computer yang memungkinkan computer untuk melakukan berkomunikasi melalui jaringan computer. Ethrnet card memberikan akses fisik kemedia komunikasi jaringan computer. Dan terdapat program kecil di ethrenet card yang menyediakan mekanisme komunikasi dilapisan bawah melalui alamat MAC.
Ethrenet merupakan salah satu kunci utama dalam membangun jaringan local yand dikenal sebagai LAN. Ethernet card tersambung ke motherboard computer melalui beberapa cara yaitu:
a.    Terintegrasi, menjadi bagian dari motherboard
b.    Melalui smabungan PCI slot
c.    Melalui sambungan ISA slot, sekarang tidak di gunakan lagi.
v Beberapa teknologi yang digunakan oleh Ethernet, yaitu:
-      Fast Ethernet, mempunyai kecepatan 100Mbps,
-      Gigabit Ethernet, mempunyai kecepatan 1 Gbps,
-      Ooptical fiber, mempunyai kecepatan sampai 160 Gbps,
-      Token ring, mempunyai kecepatan sampai 100 Mbps.
Pemasangan NIC cukup ditancapkan pada slot kosong dimotherboard. Hidupkan computer lau install driver NIC yang dibutuhkan setalah selesai, buka system properties, lalu klik start > control panel >system > pada navigasi di sisi kanak klik switch to classic view > setelah window system properties muncul, klik pada tab hardware kemudian klik device manager. NIC yang terinstall dengan benar, dapat dilihat pada iitem network adapter.
3.   MEMBUAT KABEL JARINGAN
Kabel yang digunakan adalah kabel UTP, untuk menghubungkan computer dengan switch membutuhkan kabel UTP yang di konfigurasi melalui switch urutka kabel kecil sesuai standar internasional hingga kedua kabel tersebut memiliki urutan warna yandg sama, kemudian dijejer menyamping secara mendatar agar mudah dimasukkan kedalam RJ-45. Masukkan kabel secara hati-hati ke RJ-45, ambil tang crimping masukkan RJ-45 yang sudah dipasang kabel UTP keposisi RJ-45 pada tang crimping. Jika posisi sudah benar, tekan kuat tang crimping hingga berbunyi, cek apakah RJ-45 sudah menjepit kabel dengan cara menarik kabel dari RJ-45.

Kemudian mencoba dengan mencolokkan konektor RJ-45 satu sisi ke port yang tesedia pada switch dan satu sisi ke port pada NIC. Pastikan indikatoe lampu pada switch atau NIC keduanya menyala.untuk mengaktifkannya klik start > control panel > network connection, klik kanan ikon NICkemudian pilih enable.
4.   KOFIGURASI ALAMAT IP
Setelah menghubungkan computer dengan switch  dengan kabel, maka perlu memberikan alamat IP pad tipa-yiap computer agar dapat saling berkomunikasi atau berada dalam jaringan LAN. IP harus unik atau tidak boleh yang ada alamat IP yang sama dalam suatu jaringan.IP yang umum digunakn untuk jaringan local, yaitu IP yang diawali 192.168.x.x dengan subnetmask 255.255.255.0.

Untuk memberikan alamat IP pada NIC computer, melalui start >control panel >network connection klik kanan pada ikon NIC kemudian klik properties. Setelah muncul jendela local area connection properties pilih item internet protocol (TCP/IP) lalu klik tombol pro[erties.

Pada jendela internet protocol (TCP/IP) properties, pilih use the following IP address kemudian isikan baris IP address dengan 192.168.0.2 dan subnetmask 255.255.255.0 > ok.

0 komentar:

Posting Komentar