SARANA YANG DIGUNAKAN UNTUK AKSES INTERNET


1.  SOFTWARE
Software sangat diperlukan untuk mengakses internet. Contoh software yang diperlukan adalah sebagai berikut:
-      Browser untuk mengakses web :
Mozilla firefox, Microsoft internet explorer,netscape communicator, opera, dan google chrome.
-      Software khusu untuk FTP:
Cute FTP,Golzilla, dan WSFTP
-      Untuk e-mai dapat di gunakan internet mail/Outlook Express atau merupakan bagian dari Microsoft Internet Explorer atau Netscape mail yang merupakan bagian dari Netscape communicator.
-      Yahoo Messanger,mIRC atau ICQ adalah contoh software untuk chatting.

2.  TCP/IP
Program atau software yang menyediakan hubungan PPP (Point To Point Protocol) menggunakan protocol jaringankerja khusus, yang disebut dengan Transmision Control Protocol/Internet Protokol(TCP/IP).

TCP/IP harus disiapkan hubungannya sebelum melakukan Dial Up Networking ke computer server ISP, sehingga dalam TCP/IP ini kita haus menetukan nomor IPDNS dari penyedia atau ISP.

3.  DIAL UP NETWORKING
Program dial up networking berfungsi untuk menyediakan program yang memungkinkan untuk dapat menghubungkan ISP dengan nomor IPDNS yang ditentukan oleh TCP/IP. Dial up dilakukan dengan menggunakan modem sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dan saluran telepon yang tersedia.

4.  ISP (Internet Service Provider)
Jika ingin terhubung dengan internet,maka harus mendaftarkan pada sebuah ISP. Secara umum teknologi yang digunakan di sebuah ISP sebetulnya relative sederhana, yaitu sebagai berikut:
-      Sambungkan ke internet yang besar menggunakan kecepatan yang sangat tinggi.
-      Sambungan tersebut di sambungkan pada router yang besar, biasanya kelas cisco atau juniper network.
-      Biasanya pada ISP akan dipasang juga beberapa server, baik untuk web,email, maupun berbagai keperluan lainnya.
Pelanggan akan tersambung ke ISP menggunakan berbagai teknologi sambungan yang berkecepatan beberapa ratus Kbps atau Mbps.

5.  CLIENT/SERVER
Client/server terdiri atas sebuah server atau lebih yang terhubung dengan beberapa computer client. Server berperan menyediakan layanan, sepertidatabase,informasi, dsb. Client/server yang digunakan oleh internet dalam mengontrol penerimaan dan perngiriman informasi melalui internet sebenarnya sangat sederhana, yaitu satu computer disebut sebagai server atau penyedia informasi dan computer lainnya disebut client sebagai yang menggunakan informasi. Dalam internet, sebuah computer dapat berperan baik sebagai client atau server atau keduanya (non dedicated).

6.  NAMA DOMAIN
Computer yang terhubung ke internet dan memungkinkan bagi computer lain untuk menggunakannya agar memperoleh hak akses ke internet disebut dengan host. Computer host di tandai dengan nama yang di sebut nama domain dan nomor yang disebut IPAddress.
Ada tiga elemen penting dalam domain atau alamat internet, yaitu sebagai berikut:

a.    IP address atau alamat internet protocol
Setiap host di internet memiliki alamat khusus yang disebut IP yang regristasinya diatur oleh pengelola internet, sehingga tidak terjadi kesamaan alamat IP. Alamat IP tersebut terdiri dari empat bagian nomor masing-masing dipisahkan dengan tanda titik atau dot.setiap mesin server di jaringan internet mempunyai nomor tersebut digunakan sebagai tanda untuk mencari dan bekerja di host tertentu.

b.    Nama domain
Selain nomor IP dan host juga menyediakan nama-nama domain sehingga lebih mudah diingat dari pada harus mengingat nomor IP. Antara nomor IP dan nama domainmempunyai maksud samadan dapat dipertukarkan dengan menggunakan salah satunya.

c.    Organisasi nama domain
Untuk menghindari kesamaan nama dari suatu nama domain, maka pengelola internet mengelompokkan panamaan domain dengan istilah-istilah sperti .com untuk host commercial, .edu untuk host education, .go atau .gov untuk host government, .co untuk host corporation, .ac untuk host academy, dsb.

7.     JENIS HUBUNGAN INTERNET
Pada bagian ini akan dibahastentang dua model sambungan yang sangat sering dipakai pada 
masyarakat internet yaitu dengan system SHELLdan system PPP.

a)    Siatem SHELL
System hubungan ini biasanya digunakan pada jaringan local yang ada pada ISP,Internet café, dan bidang pendidikan.
Jenis hubungan ini merupakan penggabungan antara jaringan intranet (LAN) dan jaringan internet, yaitu pemakai menyambung ke server dengan model jaringan intranet (LAN) dengan kabel, selanjutnya server dengan software dan hardware menyambung atau koneksi ke sserver ISP atau ke server internet. Server intranet yang menyambung ke server ISP atau server intranet yang
menyambung ke server internet cukup menggunakan satu modem saja dengan satu account.

b)   System PPP (Protocol To- Point Protocol)
Bila menggunakan hubungan dengan jenis system PPP, computer benar-benar menjadi bagian dari internet. Saat computer tehubung dengan computer ISP, computer menjadi bagian dari internet dengan nama dan alamat hostnya sendiri. System ini bekerja dengan saling berhubungannya protokolkomputer pemakai dengan protocol computer server dengan menggunakan perantara modem. System PPP ini paling banyak digunakan karena cukup dengan sebuah PC, sambungan telepon dan modem, sudah dapat mengakses internet, jika mempunyai account pada suatu ISP. Dengan system ini pemakai dapat menggunakan atau menghubugi penyedia di manapun berada.

8.     ROUTER
Adalah sebuah computer yang mempunyai perangkat lunak dan perangkat keras yagn khusus untuk keperluan routing dan penyampaian paket di jaringan computer seperti internet. Router biasanya mempunyai system operasi khusus seperti, cisco IOS,dan JUNOSe dan di lengkapi NVRAM, RAM dan flash memori. Funsi router:
-   Mengatur jalur sinyal secara efisien
-   Mengatur pesan diantara dua buah protocol
-   Mengatur pesan yang melewati kabel fiber optic
-   Mengatur pesan diantara topologi jaringan linear bus dan star.

9.     REPEATER
Merupakan alat yang sederhana dan berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal yang melewatinya.dua sub jaringan yang di hubungkan oleh perangkat ini memiliki protocol yang sama untuk semua lapisan.

10. HUB
fungsinya sama dengan repeater hanya hub terdiri dari beberapa port, sehingga  hub disebut juga multiport repeater. Repeater dan hub bekerja di physical layer sehingga tidakmempunyai pengetahuan mengenai alamat yang dituju. Meskipunhub memiliki beberapa port, tetapi menggunakan metode broadcast dalam mengirimkan sinyal sehingga bila salah saut port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika jika mengirimkan sinyal.

11. BRIDGE
Digunakan untuk menjembatani dua jaringan dan berfungsi sebagai jembatan nalar seperti pembingkaran dan penyusunan paket,pengalamatan,buffering, dll. Sehingga bridge dapat menghubungkan dua macam jaringan yang berbeda format peketnya ataupun yang berbeda kecepatan transmisinya.

12. SWITCH
Fungsinya sama dengan bridge hanya switch hanya terdiri dari beberapa port sehingga switch dissebut multiport bridge. Dengan kemampunnya tersebut jika salah satu port pada switch sibuk maka port-port yang lain masih bisa berfungsi. Tetapi bridge dan switch tidak dapat meneruskan paket IP yang ditujukan ke moputer lainyang secara logika berbeda jaringan.

0 komentar:

Poskan Komentar